Proyek Akhir (part 1)

A.  Judul

RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN DATA PERMOHONAN INFORMASI PENDIDIKAN PADA KLINIK PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR.

B.  Latar Belakang Masalah

Instansi Pemerintahan yang semakin berkembang membutuhkan peningkatan akan sistem infromasi yang efisien dan efektif. Hal ini juga yang dibutuhkan oleh Klinik Pendidikan untuk meningkatkan informasi. Pada bagian Klinik Pendidikan menangani registrasi pemohon informasi, permohonan informasi pendidikan. Karena pada bagian Klinik Pendidikan masih dikerjakan secara manual serta banyaknya permohonan informasi pendididkan yang ada maka menjadi kendala dalam pekerjaan bagian Klinik Pendidikan antara lain pengolahan data registrasi pemohon, pengolahan data permohonan informasi pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi, maka dibuatlah aplikasi sistem yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan bagian Klinik Pendidikan untuk mengolah data pemohon beserta data permohonan informasi pendidikan secara efisien dan efektif.
Permohonan Informasi Pendidikan yang dilakukan oleh Aparatur Pemerintah masih banyak dijumpai kelemahan-kelemahan, sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan masyarakat. Hal ini ditandai dengan masih adanya berbagai permohonan mayarakat yang disampaikan melalui perorangan, salah satunya dapat menimbulkan kesalahan informasi. Permasalahan tersebut berdampak pada Aparatur Pemerintah. Seringkali data permohonan informasi pendidikan yang hilang disebabkan oleh banyaknya pemohon yang meminta informasi menyebabkan informasi tidak sampai kepada pemohon.
Dengan menerapkan Pengelolaan Data Permohonan Informasi Pendidikan yang berbasis e-government, diharapkan dapat menciptakan pelayanan permohonan masyarakat yang lebih efektif, mudah dijangkau oleh masyarakat, informatif, dan terintegrasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain sehingga pada akhirnya dapat tercipta pemerintahan yang aspiratif dan peningkatan kualitas pelayanan publik secara merata. Badan publik baik di tingkat pusat maupun ditingkat daerah sudah saatnya membuka diri untuk dapat mempublikasikan informasi terkait dengan perumusan kebijakan, program dan kegiatan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan. Demikian juga, informasi yang disampaikan masyarakat menjadi masukan bagi badan publik dalam proses perumusan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat, sehingga tercipta komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat.
Dengan menggunakan aplikasi sistem pengelolaan data Klinik Pendidikan akan lebih mudah untuk menghasilkan informasi yang lebih tepat. Demikian juga, informasi yang disampaikan kepada masyarakat akan lebih efektif dan efisien. Klinik Pendidikan akan dapat menciptakan pelayanan permohonan yang lebih efektif, mudah dijangkau oleh masyarakat, dan juga informatif.

C.  Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan yang telah diuraikan diatas, maka dapat dirumuskan permasalahn yaitu, bagaimana membangun sebuah sistem pengelolaan data permohonan informasi pendidikan atas kinerja satuan kerja dalam memberikan layanan informasi.

D.  Batasan Masalah

Batasan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Data untuk simulasi diambil pada bagian Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur pada periode 2016.
  2. Sistem yang dibahas meliputi:
    Pengelolaan data permohonan informasi pendidikan.
    Registrasi masyarakat.
    Tindak lanjut permohonan informasi pendidikan.

    Pengelolaan data registrasi pemohon.

  3. Tindak lanjut yang dilakukan hanya permohonan yang saja
  4. Aplikasi ini tidak berbasis client server.

E.  Tujuan

Tujuan yang hendak dicapai melalui pembangunan Aplikasi Sistem Pengelolaan Data Permohonan Informasi Pendidikan ini adalah mengambil informasi asli (data) dan menghasilkan informasi lain dalam bentuk yang berguna (hasil)

F.   Manfaat

Manfaat pada penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Bagi petugas Klinik Pendidikan
Sistem mempermudah petugas Klinik Pendidikan untuk mengolah data permohonan informasi pendididkan dan mengolah data pemohon untuk menjadi sebuah informasi yang efisian dan efektif.
  1. Bagi Kepala Bagian Klinik Pendidikan
Sistem mempermudah Kepala Bagian untuk melihat laporan dengan lebih efektif.

G. Landasan Teori

1. Informasi

Tata Sutarbi (2004:19), Informasi adalah data yang telah diklasifikasi atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambuilan keputusan. Sistem pengolahan informasi akan mengolah data menjadi informasi atau mengolah data dari bentuk tak berguna menjadi berguna bagi yang menerimanya.

2. Sistem

Tata Sutarbi (2004:9), Sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lainnya, yang berfungsi bersama – sama untuk mencapai tujuan tertentu
Jogianto (2005:2), Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata, seperti tempat, benda dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi.

3. Sistem Informasi

Tata Sutarbi (2004:36), Suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang diperlukan.

4. Database

(Sutanta, 2004), Suatu kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu. Tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu.
Andi (2002:1) Kumpulan data/informasi yang diorganisasikan dan saling berhubungan.

5. Aplikasi

Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan, lamaran, penggunaan. Secara istilah  aplikasi adalah program siap pakai yang dubuat untuuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan dapat digunakan oleh sasaran yang dituju.
Menurut Kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 52) adalah penerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atauketentuan bahasa pemrograman tertentu. Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna.

6. Analisis Sistem

Analis sistem secara sistematis menilai bagaimana fungsi bisnis dengan cara mengamati proses input dan pengolahan data serta proses output informasi untuk membantu peningkatan proses organisasional.
Menurut Yogiyanto (1995) analisis sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.

7. Desain Sistem

Desain Sistem adalah tahap setelah analisis sistem dari siklus pengembangan system yang mendefinisikan dari kebutuhan-kebutuhan fungsional, persiapan untuk rancang bangun implementasi, menggambarkan bagaimana suatu system dibentuk yang dapat berupa penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah kedalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi, termasuk menyangkut mengkonfigurai dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu system.

8. Sistem Basis Data

Menurut Marlinda (2004:1), sistem basis data adlah suatu sistem menyusun dan mnegelola data recod menggunakan computer untuk menyimpan atau merekam serta memelihara dan operasional lengkap sebuah organisasi atau perusahaan sehingga mampu menyediakan informasi optimal yang diperlukan pemakai untuk proses mengambil keputusan. Pada sebuah sistem basis data terdapat komponen – komponen utama yaitu perangkat keras (Hardware), Sistem Operasi (Operating System), Basis Data (Database), Sistem (Aplikasi atau Perangkat Lunak), Pengelola Basis Data (DBMS), Pemakai (User), dan Aplikasi (Perangkat Lunak) lain (bersifat opsional).

H. Desain Sistem

konteks

 

 

Salam, Novita Sari
Email : 14390100011@stikom.edu
DIII Manajemen Informatika (http://mi.stikom.edu)
Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya (http://www.stikom.edu)

Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom,OCP
http://blog.stikom.edu/lusiani
http://titiklusiani.wordpress.com

2 tanggapan untuk “Proyek Akhir (part 1)

Tinggalkan komentar